Jenis dan Bidang yang Menggunakan Chain Block

Dalam dunia konstruksi, salah satu pengangkat manual yang kerap digunakan untuk menunjang aktivitas adalah chain block. Apakah Anda pernah mendengar tentang alat yang satu ini sebelumnya?

Nah, chain block juga disebut dengan nama katrol. Alat manual ini memiliki desain yang cenderung sederhana dengan beberapa bagian, seperti roll, gear, hook dan juga chain. Tidak hanya itu, ukuran alat ini pun cukup kecil namun dirancang dengan daya angkat yang bisa dikatakan cukup luar biasa.

Jika dilihat, Anda akan menemukan produk chain block dengan variasi kekuatan mulai dari 0,5 ton hingga 50 ton. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang jenis serta bidang yang menggunakan chain block tersebut. Penasaran? Cek ulasannya!

Ragam Jenis Chain Block

Sebagaimana disinggung sebelumnya, chain block hadir dengan beberapa jenis tertentu yang berbeda di mana berpengaruh pula dalam penggunaanya. Adapun jenis chain block yang dibedakan berdasarkan geraknya adalah sebagai berikut:

  • Katrol tetap

Jenis chain block yang pertama adalah katrol tetap. Sesuai namanya, chain block ini tidak bergerak naik ataupun turun melainkan hanya akan berputar pada porosnya. Nah, salah satu contoh penggunaan jenis chain block ini adalah katrol yang digunakan untuk mengangkat air dari sumur tradisional.

Dalam penggunaanya, jenis chain block ini akan diletakkan di suatu tempat dengan cara digantung. Tentu, diperlukan tempat penggantungan dengan daya tahan yang besar.

  • Katrol bebas

Katrol atau chain block bebas adalah variasi lain yang tersedia. Seperti namanya, chain block jenis ini bisa bergerak naik dan juga turun. Gerakan tersebut dikarenakan poros chain block tidak dipasang secara permanen di suatu tempat tertentu.

Tentu, dengan model pemasangan tersebut maka jenis chain block ini bisa dipindahkan sesuai dengan keperluan di lapangan. Secara umum, katrol bebas banyak digunakan pada konstruksi alat pengangkat peti kemas yang ada di pelabuhan.

Selain dari gerak katrol, jenis chain block pun juga dibedakan sesuai dengan jumlah dari katrol tersebut. Dalam hal ini, ada katrol tunggal dengan satu buah chain block, katrol ganda dengan dua buah chain block dan lainnya.

Bidang yang Menggunakan Chain Block

Produk chain block digunakan pada berbagai bidang yang berbeda. Salah satu bidang tersebut adalah industri konstruksi. Dalam bidang ini, chain block sering digunakan pada saat pemasangan dinding panel.

Selain itu, chain block juga digunakan pada industri perkapalan. Dalam industri ini, chain block akan dipadukan dengan hand overhead crane yang bisa diandalkan untuk memudahkan keperluan kegiatan bongkar muat kapal tertentu.

Dengan fungsinya yang penting, bisa dikatakan jika chain block adalah alat yang esensial. Nah, jika Anda mencari agen jual chain block, Megajaya.co.id menawarkan berbagai produk chain block yang bisa Anda pilih dengan mudah!