Kegunaan Mesin Binding dan Cara Merawatnya

 

Umumnya dalam dunia percetakan ada banyak jenis penjilidan yang bisa dilakukan untuk menjilid buku, majalah, dan lainnya. Namun, tidak semua jenis dokumen bisa dijilid hal tersebut karena ukuran dokumen yang terlalu tebal. Untuk keperluan menjilid dokumen yang tebal maka dapat menggunakan mesin binding lem panas. Mesin binding buku ini selain bisa menjilid buku juga bisa menjilid berbagai dokumen lainnya yang berukuran tebal.

Mesin jilid lem panas merupakan mesin yang difungsikan untuk melakukan proses penjilidan dengan menggunakan teknik jilid lem panas yang memiliki kekuatan rekat yang sangat kuat. Mesin ini tersedia dalam berbagai ukuran dan mesin ini termasuk semi otomatis sehingga lebih praktis dalam penggunaanya.

Kegunaan Mesin Binding

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mesin binding berguna untuk menjilid berbagai dokumen seperti buku, majalah, novel, skripsi, dan lainnya. Keunggulan lainnya adalah mesin jilid ini dinilai cukup kuat dan rapi hasilnya serta dapat juga digabungkan penerapannya dengan jenis binding lainnya. Sehingga tak heran dokumen hasil binding ini mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Maka dari itu banyak buku yang menggunakan mesin jilid ini seperti buku pelajaran, novel, majalah dan lainnya. Selain karena memang kuat dan rapi, visual yang ditampilkan dari mesin ini cukup bagus. Anda bisa melihatnya di hasil buku pada bagian depan terdapat garis lekukan tegas yang membuat tampilan dari buku tersebut lebih menarik.

Harga dari mesin binding ini relatif, mungkin di tiap daerah harganya berbeda namun Anda bisa memeriksanya di toko online. Cek mesin binding buku selengkapnya di berbagai toko online yang tersedia.

Cara Menggunakan Mesin Binding

Mesin binding juga merupakan sebuah mesin yang kapan saja dapat mengalami kerusakan. Maka dari itu, lakukan lah perawatan pada mesin tersebut. Perhatikan dengan benar dalam merawat mesin binding agar mesin binding Anda awet dan tahan lama. Dan juga dapat digunakan dengan baik saat proses penjilidan.

Maka dari itu, Anda bisa memperhatikan beberapa cara di bawah ini untuk melakukan perawatan pada mesin binding. Berikut adalah cara-caranya.

Bersihkan seluruh permukaan mesin binding Anda, hal tersebut agar mesin tetap terjaga kebersihannya dan agar mesin tidak berkarat yang dapat mengganggu kinerja dari mesin.

Lakukan pembersihan juga pada tempat laci sisa kertas secara rutin serta bersihkan juga sisa kotoran setelah melakukan proses penjilidan.

Usahakan untuk menutup tabung yang digunakan meletakan lem karena bagian ini rawan untuk terkena debu dan kotoran. Serta agar lem bisa menempel dengan baik pada dokumen yang dijilid.

Rutin memberikan pelumas pada mesin agar mesin selalu dalam keadaan optimal. Karena bisa saja mesin macet karena kurangnya pelumasan pada mesin tersebut.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk merawat mesin binding agar senantiasa awet dan bisa digunakan. Cara di atas merupakan cara umum digunakan untuk merawat mesin binding meskipun mesin binding memiliki banyak tipe seperti plastic comb binding, double loop wire, coil binding, velo binding, thermal binding, dan hot melt binding atau mesin jilid lem panas cara di atas masih bisa Anda gunakan.