Kenali Masalah Yang Sering Terjadi di Mesin Laminasi Berikut

 

Mesin laminasi merupakan alat yang digunakan untuk melapisi dokumen dengan kertas. Tujuan dokumen dilakukan laminasi adalah agar dokumen kuat dan terhindar dari berbagai kerusakan karena air, tercoret, terkoyak hingga kerusakan lainnya.

Bisa dibilang jika mesin ini bukanlah mesin yang sempurna untuk digunakan oleh siapapun. Mesin menjadi sempurna jika dibantu dengan operator profesional untuk mengerjakan laminasi.

Tentunya dengan demikian, hasil laminasi yang kamu lakukan juga lebih kuat, berkualitas dan pastinya memberi hasil yang sangat bagus untuk berbagai dokumen penting yang kamu ingin laminasi.

Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi di Mesin Untuk Laminating

Mesin ini bukanlah barang yang selalu beroperasi dengan baik. Ada juga kalanya mengalami gangguan yang membuat penggunanya tidak bisa memakai mesin dengan baik.

Bagi pemilik mesin untuk laminating ini, ada beberapa masalah yang perlu kamu tahu. Berikut beberapa masalah yang kami maksud :

1. Bagian roller berputar tapi tidak bisa melakukan press

Masalah pertama yang sering terjadi adalah elemen pemanas yang tidak berfungsi. Masalah ini ditandai dengan bagian roller berputar dengan baik tapi tidak bisa melakukan press seperti yang diharapkan.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa faktor, misalnya ada kerusakan di bagian relay, rusaknya potensiometer untuk pengaturan temperatur hingga kerusakan  elemen pemanas.

Mengingat elemen pemanas selalu mendapat suplai tegangan AC dari penyambungan kontak relay, saat bagian relay bermasalah membuat elemen pemanas tidak mendapat suplai tegangan jadi bagian tersebut tidak panas.

2. Elemen pemanas berfungsi tapi bagian roller tidak dapat bergerak

Kerusakan kedua pada mesin laminating selanjutnya bisa disebabkan karena switch “forward-reverse” telah rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi. Bagian switch ini memiliki dua posisi kontak yang sangat berbeda.

Jika bagian mesin mengalami hal seperti itu, maka bisa dipastikan kontak di bagian kedua posisi tersebut sudah rusak. Namun untuk memastikan bahkan tersebut rusak atau tidak, kamu bisa melakukan tes di bagian switch terlebih dahulu.

Jika bagian switch tidak ada yang rusak, kemungkinan besar karena adanya kemacetan di bagian mekanik ataupun motornya. Jika demikian, kamu bisa mengatasi dengan masalah di atas.

3. Roller tidak maju atau tidak bisa mundur dengan baik

Kerusakan ketiga ini menjadi salah satu kerusakan yang paling sering terjadi. Di mana kerusakan mesin ini disebabkan karena adanya kerusakan parah yang disebabkan oleh bagian switch “forward-reverse.

Jika mesin untuk laminating kalian sudah mengalami hal seperti ini, maka bisa dipastikan perlu  mengganti bagian switch yang baru agar bisa berfungsi dengan baik.

Meskipun mesin laminating berkualitas sudah kamu gunakan, tetap saja ada beberapa masalah yang sering terjadi. Oleh karena itu, mengetahui masalah yang sering terjadi di mesin ini sangatlah penting.