Pilihan Botol Susu Terbaik untuk Bayi Newborn

 

Memilih botol susu terbaik untuk bayi newborn memang tidak mudah ya, Moms. Saking banyaknya jenis botol susu di pasaran, kadang malah bingung pilihan botol mana yang paling tepat. Mungkin juga justru si Kecil tidak cocok dengan botol susu yang dibelikan?

Maka dari itu, penting bagi Moms untuk mengetahui botol susu apa yang kira-kira cocok untuk si Kecil. Moms bisa mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, atau membaca informasi-informasi yang tersebar di internet.

 

Tipe-Tipe Botol Susu Terbaik untuk Bayi Newborn

Sebelum menentukan botol susu jenis apa yang cocok untuk si Kecil, Moms perlu tahu macam-macam tipe botol susu dan perbedaannya. Selain memiliki bentuk yang berbeda-beda, masing-masing botol susu memiliki nilai lebihnya.

Nah, kira-kira ada bentuk botol susu apa saja yang biasa digunakan, ya? Berikut daftarnya:

1.     Botol Susu Standard Neck

Ini adalah botol susu yang paling umum digunakan dan mayoritas si Kecil cenderung cocok dengan botol satu ini. Selain itu, bentuknya yang berupa tabung langsing membuatnya mudah dibersihkan dengan sikat. Botol susu ini biasanya terbuat dari plastik BPA free.

Moms juga perlu tahu kapan harus mengganti botol susu. Botol yang terbuat dari plastik BPA free dianjurkan untuk diganti setiap empat hingga enam bulan sekali, dan botol yang terbuat dari plastik non-BPA free sebaiknya tiap tiga bulan sekali.

Ketika botol mulai berubah warna menjadi kuning, juga bisa menjadi pertanda untuk segera mengganti botol.

2.     Botol Susu Angle Neck

Memiliki bentuk leher yang bengkok menjadi ciri khas bentuk botol ini. Bentuk yang bengkok ini mendorong udara ke atas, sehingga area bagian dot selalu penuh dengan cairan susu dan si Kecil tidak menelan udara. Udara yang tertelan bisa memicu gangguan pencernaan yang berujung kolik.

Namun kekurangannya, botol ini sulit untuk dibersihkan karena bentuknya yang bengkok. Di Indonesia, botol ini juga jarang tersedia di pasaran.

3.     Botol Susu Sekali Pakai

Botol yang terbuat dari plastik ini praktis digunakan saat bepergian, jadi Moms tidak perlu repot-repot mencuci botol susu saat berada di luar rumah. Botol susu sekali pakai ini biasanya dijual dalam keadaan steril agar bisa langsung digunakan.

Sayangnya, botol ini tidak ramah lingkungan, karena hanya bisa digunakan satu kali saja. Penggunaan botol ini biasanya hanya untuk situasi tertentu.

 

4.     Botol Susu Wide Neck

Sesuai namanya, botol susu ini memiliki bagian leher yang lebar dan badan botol yang cenderung pendek. Botol susu ini dilengkapi dengan dot yang menyerupai puting, menjadikannya pilihan yang tepat kalau si Kecil silih berganti dari breastfeeding dan bottlefeeding.

Selain itu, dot botol susu ini dirancang agar susu mengalir keluar secara alami dan mencegah si Kecil tersedak. Kelebihan lainnya, ukuran leher botol yang besar membuatnya mudah untuk dibersihkan dibandingkan botol standard.

 

5.     Botol Susu dengan Selang Ventilasi Anti-Kolik

Menurut jurnal Infant Colic, secara singkat kolik merupakan kondisi dimana si Kecil menangis secara terus menerus dan sulit ditenangkan. Penyebab kolik masih belum jelas, tetapi ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan botol susu anti-kolik.

Botol ini dilengkapi dengan selang ventilasi yang mencegah bercampurnya udara dengan susu, sehingga si Kecil lebih banyak menelan susu daripada udara. Namun kekurangannya, selang ini tidak mudah dibersihkan.

Selain itu, dot botol susu anti-kolik cenderung memiliki bentuk yang lentur dan fleksibel, sehingga si Kecil merasa nyaman saat minum dari botol susu tersebut.

Tipe-Tipe Dot Botol Susu Terbaik untuk Bayi Newborn

Rupanya bukan hanya botol susu yang banyak macamnya, dot juga punya. Kualitas dot bisa dipengaruhi dari bentuk dan materi bahan pembuatnya. Semakin menyerupai puting, maka semakin baik.

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, dot sebaiknya diganti setiap tiga bulan sekali, atau saat dot mulai menunjukkan keretakan. Lalu ada apa saja bentuk-bentuk dot yang ada? Mari disimak penjelasan di bawah ini:

1.     Dot Standar

Dot yang terbuat dari bahan lateks ini merupakan dot yang paling sering ditemukan, dan paling banyak digunakan. Umumnya, botol susu yang dijual menggunakan dot jenis ini.

2.     Dot Ortodontik

Menurut drg. Eriska Riyanti, seorang dokter gigi anak, dot ortodontik memiliki desain yang bertujuan memfasilitasi pergerakan lidah ke depan dan ke atas. Dot ini memiliki bentuk ujung yang bulat dan leher yang gepeng.

Tipe dot ini aman digunakan karena dot tidak langsung mengalirkan air tanpa dihisap, sehingga si Kecil tidak tersedak.

3.     Dot Pipih

Dot ini memiliki bentuk yang pipih, sesuai namanya. Dot jenis ini cocok digunakan untuk si Kecil yang berumur enam bulan ke bawah.

4.     Dot Anti Vakum

Moms mungkin sudah bisa menebak dari namanya. Dot yang satu ini dirancang untuk mengurangi asupan udara yang tertelan oleh si Kecil. Udara yang tertelan kadang membuat si Kecil merasa tidak nyaman. Dot anti vakum ini bisa dipilih untuk mencegah kolik pada si Kecil.

5.     Dot Sekali Pakai

Ada botol susu sekali pakai, maka ada dot yang sekali pakai juga. Dot jenis ini dikenal higienis dan steril karena hanya satu kali pemakaian. Biasanya dijual dalam bungkusan secara satuan.

Dot ini memiliki nilai tambah karena kepraktisannya. Namun, penggunaan sekali pakai ini tidak ramah lingkungan serta terkesan boros.

Pilihan Merk Botol Susu yang Aman untuk si Kecil

Setelah membaca macam-macam botol susu serta kelebihannya, apakah Moms sudah menemukan tipe apa yang pas untuk si kecil tercinta? Berikut ada rekomendasi merk botol susu terbaik untuk bayi newborn, yaitu Dr.Browns:

Merk botol susu satu ini menjadi botol susu nomor satu yang banyak direkomendasikan dokter anak di Amerika Serikat. Selain itu, produk Dr. Browns memiliki sistem ventilasi agar susu dan udara tidak tercampur dan tertelan oleh si Kecil.

Botol susu Dr. Browns juga telah memenangi banyak penghargaan selama bertahun-tahun berkat inovasi botol susunya yang berkualitas. Nah, Moms bisa menggunakan salah satu botol susu populernya yang bernama Dr. Browns PP Standard Baby Bottle dengan ukuran 120 ml.

Botol yang terbuat dari bahan Polypropylene ini dilengkapi dengan selang ventilasi untuk memisahkan udara dari cairan susu, sehingga mengurangi risiko kolik. Botol ini juga dilengkapi dengan dot yang dirancang untuk menghindari terjadinya bingung puting.

Untuk ukuran 120 ml, botol susu untuk newborn ini dikenakan harga 95 ribu rupiah. Moms bisa mengecek langsung toko online Dr.Browns di e-commerce favorit Moms, atau mengunjungi langsung situs resminya di drbrowns.id.

Moms, sudah menemukan botol susu terbaik untuk bayi newborn belum? Pastikan agar tidak salah pilih lagi untuk pembelian selanjutnya, ya. Pilihlah botol susu yang sesuai agar si Kecil terbebas dari kolik dan nyaman saat menggunakannya. Jangan lupa pilih merk Dr. Browns, Moms!